2.3. Konsep Dasar Informasi
2.3.1. Pengertian Informasi
“informasi
merupakan hasil pemrosesan data (fakta) menjadi sesuatu yang bermakna dan
bernilai untuk pengambilan keputusan ”.[1]
Sumber
informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu
kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.
2.3.2. Kualitas Informasi
Kualitas
suatu sistem informasi tergantung dari tiga hal yaitu:
1. Akurat
berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan yang tidak bisa
(menyesatkan).
2. Tepat
pada waktunya berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat.
3. Relevan
berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.
2.4. Pengertian Sistem Informasi
“Sistem
informasi adalah suatu system virtual, data mereka mencerminkan sistem fisik
dari sebuah perusahaan. Sistem informasi digunakan oleh para manajer, non
manajer, professional dan orang-orang diluar perusahaan. ”.[2]
1.5. Pengertian
E - Commerce
Saat ini belum diketemukan definisi pasti dari e-commerce yang sudah distandarkan dan
di sepakati bersama, namun secara umum dapat di artikan mengenai e-commerce, diantaranya
1.
E-comemerce merupakan suatu set dinamis teknologi,
aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan
komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang,
pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik ( David Baum, 1999)
2.
Perdagangan
elektronik adalah suatu proses perdagangan (penjualan dan pembelian) maupun
jasa pelayanan yang dilakukan oleh 2 pihak melalui media elektronik seperti
melalui fax, telepon, email, dan internet.
3.
E-commerce juga
dapat berarti pemasangan iklan, penjualan, dukungan dan pelayanan terbaik
menggunakan web selama 24 jam dalam sehari bagi seluruh pelanggannya.
4.
E-commerce merupakan
salah satu keunggulan dari internet, kehadiran internet yang masih merupakan
industri baru yang masih dalam fase pertumbuhan yang memperkokoh keyakinan akan
pentingnya peranan teknologi dalam pencapaian tujuan finansial perusahaan
melalui modifikasi dan efisiensi proses bisnis yaitu dengan memanfaatkan e-commerce.
5.
kemampuan internet
untuk menjangkau pelanggan baru dan penghematan biaya yang cukup signifikan
untuk distribusi dan pelayanan pelanggan merupakan keuntungan yang bisa
didapatkan perusahaan dengan memindahkan roda nilai commerce ke media internet.
Keuntungan yang bisa diambil dengan adanya E-commerce :
1.
Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa
ditemui dalam transaksi tradisional.
2.
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
3.
menurunkan biaya
operasional.
4.
melebarkan
jangkauan pemasaran produk.
5.
meningkatkansupplier manager.
6.
meningkatkanvalue chain (mata rantai pendapatan).
2.6. Pengertian Website
“Website
adalah media penyampai informasi di internet. Macamnya bias sebagai penyedia
informasi komersial (toko online), service
(layanan web sms) dan penyampai berita (aplikasi surat kabar online). Website
dibentuk dan diciptakan dari serangkaian script atau code tertentu dari bahasa
pemrograman tertentu”[3].
2.7. Perancangan Dan Analisis Sistem
Perancangan
sistem dapat diartikan sebagai berikut ini :
1. Tahap setelah analisis dari siklus
pengembangan sistem.
2. Pendefinisian dari kebutuhan-kebutuhan
fungsional.
3. Persiapan untuk rancang bangun
implementasi.
4. Menggambarkan bagaimana suatu sistem
dibentuk.
5.
Yang dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa ataupengaturan
dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesalahan yangutuh dan
berfungsi.
6.Termasuk
menyangkut mengkonfigurasikan dari komponen-komponenperangkat lunak dan
perangkat keras dari suatu sistem.
Sedangkan Analisis
Sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian
dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagiankomponennya dengan
maksud untuk mengidentifikasikan danmengevaluasi permasalahan-permasalahan,
kesempatan-kesempatan,hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan
yangdiharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.
2.8. Basis Data
2.8.1.
Pengertian Data
“Data adalah things known or assumed,
yang berarti bahwa data itu sesuatu yang diketahui atau dianggap. Diketahui
artinya yang sudah terjadi merupakan fakta (bukti). Data dapat memberikan
gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. Data bisa juga didefinisikan
sekumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari pengamatan (observasi)
suatu obyek, data dapat berupa angka dan dapat pula merupakan lambang atau
sifat”[4].
Data
dapat berupa catatan-catatan dalam kertas, buku, atau tersimpan sebagai file
dalam basis data. Data akan menjadi bahan dalam suatu proses pengolahan data.
2.8.2.
Pengertian Basis Data
Dalam beberapa
literatur, basis data didefinisikan dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa
definisi diantaranya yaitu sebagai berikut :
“Database (basis data) merupakan
kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang tersimpan
di perangkat keras computer dan diperlukan suatu perangkat lunak untuk
memanipulasi basis data tersebut”.[5]
2.8.3.Database
Manajemen Sistem(DBMS)
“Sistem
Manajemen Basis Data (database management system/DBMS) adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk mengendalikan data, termasuk penyimpanan data, pengambilan
data, keamanan data dan integritas data
Fungsi utama DBMS adalah untuk
menyediakan lingkungan yang nyaman dan efisien untuk digunakan dalam
pengambilan dan penyimpanan informasi di basis data”.[6]
1.8.4. Komponen Utama DBMS
Komponen
utama DBMS dibagi menjadi 4 macam :
1. Perangkat
Keras
Perangkat
keras berupa komputer dan bagian-bagian di dalamnya seperti prosesor, memori,
dan harddisk. Komponen inilah yang melakukan pemrosesan dan juga menyimpan
basis data.
2. Data
Data
di dalam basis data mempunyai sifat terpadu (intgreted) dan berbagi (shared).
a. Terpadu
berarti bahwa berkas-berkas data yang ada pada basis data saling terkait,
tetapi kemubaziran data tidak akan terjadi atau hanya terjadi sedikit sekali.
b. Berbagi
data berarti bahwa data dapat dipakai oleh sejumlah pengguna. Lbih tegas lagi,
sesuatu data dapat di akses oleh sejumlah pengguna dalam waktu bersama-sama.
Sifat ini bisa terdapat pada multiuser (
kebalikan dari sistem yaitu sistem single-user,
yakni sistem yang hanya memungkinkan satu orang yang bisa mengakses suatu
data pada suatu waktu)
3. Perangkat
lunak
Perangkat
lunak, dalam hal ini DBMS, berkedudukan antara basis data (data yang tesimpan
dalam harddisk) dan pengguna. Perangkat lunak inilah yang berperan melayani
pemintaan-permintaan pengguna.
4. Pengguna
Pengguna
dapat di klasifikasikan menjadi tiga kategori:
a. Pengguna
Akhir
Pengguna
akhir dapat dibagi menjadi dua macam:
Pengguna
aplikasi adalah orang yang mengoprasikan program aplikasi yang di buat oleh
pemrogram apliksi.
Pengguna
interaktif adalah orang yang dapat memberikan perintah-perintah beraras tinggi
pada antar muka basis data yang tersedia. Misalnya dengan mengunakan perintah SELECT, INSERT dan sebagainya atau
melakukan peritah-perintah melalui antar muka berbasis menu.
b. Pemrogram
aplikasi
Pemrograman
aplikasi adalah orang yang membuat program aplikasi menggunakan basis data.
Program aplikasi yang dibuat tentu saja sesuai dengan kebutuhan pengguna .
c. Admiministrator
Basis Data
Administrator Basis
Data (DBA/database administrator)
adalah orang yang bertanggug jawab terhadap pengelolaan basis data.
2.8.5. MySQL
“MySQL
adalah Data Base client / server system yang terdiri dari suatu SQL server multi-threaded”.[7]MySQL
merupakan perangkat lunak Relational Database Management Sistem yaitu
SQL ( Structure Query Language ). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian
database terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang
memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. MySQL
dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query
data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single server, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat
dari PostgreeSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan interbase.
2.8.6. Perancangan Database
2.8.6.1.Entity Relationship Diagram(ERD)
“ERD adalah gambar atau diagram yang
menunjukkan informasi dibuat, disimpan dan digunakan dalam sistem bisnis.
Entitas biasanya menggambarkan jenis informasi yang sama. Dalam entitas
digunakan untuk menghubungkan antar entitas yang sekaligus menunjukkan hubungan
antar data.”.[8]
2.8.6.2. Komponen ERD
1. Entity/Entitas adalah objek yang dapat didefinisikan secara unik.
2. Relationship adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih
entity.
3. Atribut adalah
karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakan penjelasan detail
tentang entity atau relationship.
Berikut adalah beberapa simbol-simbol yang
ada pada ERD:
Tabel 2.2
Simbol-simbol ERD
Simbol
|
Arti
|
Simbol
|
Arti
|
![]() |
Entity
|
![]() |
Atribut
|
![]() |
Weak
Entity
|
Atribut
Primary Key
|
|
![]() |
Relationship
|
![]() |
Atribut
Multi Value
|
![]() |
Identifying
Relationship
|
![]() |
Atribut
Composite
|
![]() |
Atribut
Derivatif
|
1.9.
Unified Modelling Language (UML)
UML merupakan
sekumpulan pemodelan konvesi yang digunakan untuk menentukan atau menggambarkan
sebuah sistem perangkat lunak dalam kaitannya dengan objek. UML dapat juga
diartikan sebuah bahasa grafik standar yang digunakan untuk memodelkan
perangkat lunak berbasis objek. UML pertama kali dikembangkan pada pertengahan
tahun 1990an dengan kerjasama antara James Rumbaugh, Grady Booch dan Ivar
Jacobson, yang masing masing telah mengembangkan notasi mereka sendiri .
2.9.1 Use Case Diagram
2.9.1.1 Pengertian Use Case Diagram
“Use
case diagram adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sistem, biasanya dalam
menanggapi permintaan dari pengguna sistem.”[9]
2.9.1.2 Notasi Use Case Diagram
Tabel
2.3 Notasi Use Case
Simbol
|
Arti
|
Actor
![]() |
Actor
menggambarkan segala pengguna software aplikasi (user). Actormemberikan suatu
gambaran jelas tentang apa yang harus dikerjakan softwareaplikasi.
|
Garis Penghubung
![]() |
Untuk
menunjukkan actor mana yang menjalankan use case yang mana
|
Use Case
![]() |
Use
case menjelaskan urutan kegiatan yang dilakukan actor dan system untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.
|
2.9.2Activity
Diagram
2.9.2.1 Pengertian Activity Diagram
“Activity diagram
adalah sebuah diagram alur kerja yang menjelaskan berbagai kegiatan pengguna
atau sistem, orang yang melakukan masing-masing aktivitas dan aliran sekuensial
dari aktivitas-aktivitas tersebut.”[10]
2.9.2.2NotasiActivity Diagram

Gambar 2.1
a. Swimlane :
mewakili agen yang melakukan aktivitas
b. InitialState :
awal dari alur kerja
c. ActionState :
melambangkan aktivitas tersendiri dalam alur kerja
d. Transition :
melambangkan urutan diantara aktivitas
e. FinalState :
akhir dari alur kerja
f. Synchronization :
membagi alur kerja menjadi beberapa alur yang berbarengan ataupun menggabungkan
alur yang berbarengan
g. Decision :
titik pengambilan keputusan dimana aliran proses tersebut akan mengikuti satu
jalurnya atau jalur lainnya.
2.9.3Class Diagram
2.9.3.1
Pengertian Class Diagram
“ John
Satzinger,2010, dalam buku System
Analysis and Design in a Changing World menyatakan bahwa dalam UML ada dua
jenis class diagram yaitu domain class diagram dan design class diagram. Focus domain class diagram adalah pada
sesuatu dalam lingkungan kerja pengguna, bukan pada class perangkat lunak yang
nantinya akan dirancang”[11]
2.9.3.2
Notasi Class Diagram

Gambar 2.2
Notasi class
berbentuk persegi panjang berisi 3 bagian: persegi panjangpaling atas untuk
nama class, persegi panjang paling bawah untuk operasi, danpersegi panjang
ditengah untuk atribut.Atribut digunakan untuk menyimpan informasi. Nama
atribut menggunakankata benda yang bisa dengan jelas merepresentasikan
informasi yang tersimpandidalamnya. Operasi menunjukkan sesuatu yang bisa
dilakukan oleh obyek danmenggunakan kata kerja.
2.9.4Sequence Diagram
2.9.4.1
Pengertian Sequence Diagram
“Sequence
diagram menjelaskan secara detil urutan proses yang dilakukan
dalam system untuk mencapai tujuan dari use
case, interaksi yang terjadi antar class,
operasi apa saja yang terlibat, urutan antar operasi dan informasi yang
diperlukan oleh masing-masing operasi.”[12]
2.9.4.2
Notasi Sequence Diagram
Tabel 2.4 Notasi Sequence
Diagram
Notasi
|
Keterangan
|
Simbol
|
Object
(
partisipan)
|
Object
atau
biasa juga disebut partisipan merupakan instance dari sebuah class dan dituliskan
tersusun secara horizontal. Digambarkan sebagai sebuah class (kotak) dengan
nama objek didalamnya yang diawali dengan sebuah titik koma.
|
![]() |
Actor
|
Actor
juga
dapat berkomunikasi denganobject, maka actor juga dapat
diurutkansebagai kolom.
|
![]() |
Lifeline
|
Lifeline
mengindikasikan
keberadaansebuah object dalam basis waktu. Notasiuntuk Lifeline adalah
garis putus-putus
vertikal
yang ditarik dari sebuah objek.
|
![]() |
Activation
|
Activation
dinotasikan
sebagai sebuahkotak segi empat yang digambar padasebuah lifeline. Activationmengindikasikan
sebuah objek yangakan melakukan sebuah aksi.
|
![]() |
Boundary
|
Boundary
terletak di antara system dengan dunia sekelilingnya. Semuaform,
laporan-laporan, antar muka keperangkat keras seperti printer atauscanner dan
antar muka ke system lainnya adalah termasuk dalam kategori.
|
![]() |
Control
|
Control
berhubungan dengan fungsionalitas seperti pemanfaatansumber daya, pemrosesan
terdistribusi,atau penanganan kesalahan.
|
![]() |
Entity
|
Entity
digunakan
menangani informasiyang mungkin akan disimpan secarapermanen. Entity bisa
juga merupakansebuah tabel pada struktur basis data.
|
![]() |
Message
|
Message, digambarkan
dengan anakpanah horizontal antara Activation.Message mengindikasikan
komunikasiantara object-object.
|
![]() |
Self Message
|
Self-message
atau panggilan mandirimengindikasikan komunikasi kembalikedalam sebuah objek
itu sendiri.
|
![]() |
Loop
|
Operator
loop adalah fragmen yangdapat mengeksekusi berulang kali
danmessagepenjaga menunjukkan dasar iterasi.
|
![]() |
1.10.
Flowmap
Definisi flowmap menurut Ladjamudin bin Al-Bahra adalah
sebagai berikut :
“Flowmap adalah bagan-bagan
yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu
masalah. Flowmap merupakan cara penyajian dari suatu algoritma”[13]
2.2 Gambar Simbol Flowmap
Simbol
|
Nama
|
Keterangan
|
![]() |
Proses
|
Merupakan proses
komputer yang terjadi didalam dokumen
|
![]() ![]() |
Aliran
|
Menunjukan data-data
yang mengalir pada sitem
|
![]() |
Proses Manual
|
Merupakan proses yang
terjadi dalam Flowmap
|
![]() |
File Store
|
Merupakan penyimpanan
data menunjukan data yang disimpan kedalam suatu disk/hardisk
|
![]() |
Dokumen
|
Dokumen yang ada dalam
Flowmap
|
![]() |
Arsip
(Office Storage)
|
Menunjukan tempat
penyimpanan data berupa arsip
|
1.11. HTML
“HTML adalah
kependekan dari Hyper Text Markup Language. Merupakan sekumpulan kode-kode yang
ditampilkan dengan format tag untuk ditampilkan dalam halaman web ”.[14]
HTML
(Hypertext Markup Language) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk
menulis halaman web. HTML dirancang untuk digunakan tanpa tergantung pada suatu
platformtertentu (platform independent). Dokumen HTML adalah suatu dokumen teks
biasa, dan disebut sebagai markup language karena mengandung
tanda-tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan
suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu
dokumen. Pada dokumen HTML yang termasuk sistem hypertext, kita tidak harus membaca dokumen tersebut secara urut
dari atas ke bawah atau sebaliknya, tetapi kita dapat menuju pada topik
tertentu secara langsung dengan menggunakan teks penghubung yang akan
membawa anda ke suatu topik atau dokumen lain secara langsung.
HTML
merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu SGML
(Standar Generalized Markup Language). Sejak awal perkembangannya sampai
sekarang ini telah tersedia bermacam-macam level (versi) HTML, ada HTML level
1.0, HTML 2.0, HTML 3.0 dan HTMl 4.0.
1.12.
PHP
“PHP merupakan script
yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded
scripting) . PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website
yang dinamis.”[15]
PHP
banyak dipakai untuk memrogram situs web. PHP dapat digunakan untuk membangun
sebuah CMS.
PHP
merupakan script untuk pemrograman web server side, yang membuat
dokumen HTML secara on the fly. Maksudnya dokumen HTML yang dihasilkan
dari suatu aplikasi, bukan dokumen HTML yang dibuat menggunakan editor teks
atau editor HTML. Dengan menggunakan PHP maka maintance suatu situs web
menjadi lebih mudah. Proses update data dapat dilakukan dengan
menggunakan aplikasi yang dibuat dengan mengguanakan script PHP.
PHP/FI
merupakan nama awal dari PHP. PHP adalah Personal Home Page, sedangkan
FI adalah Form Interface. Dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdoff. PHP
awalnya merupakan program CGI yang dikhususkan untuk menerima input melalui form
yang ditampilkan dalam browser web. PHP secara resmi merupakan
kependekan dari Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa script
server side yang disisipkan pada HTML.
2.13.
Editor
2.13.1. Notepad++
“Notepad++
adalah sebuah program freeware yang berfungsi sebagai editor pengganti otepad
default bawaan Windows. Notepad++ ditulis dalam C++ yang menjamin kecepatan
eksekusi lebih tinggi dan ukuran program yang lebih kecil. Editor ini biasa
digunakan untuk mengedit halaman web berformat html standar menggantikan
Dreamweaver.”[16]
2.13.2. Web Server
“Web
server adalah aplikasi yang berfungsi untuk melayani permintaan pemanggilan
alamat dari pengguna melalui web browser, dimana web server mengirimkan kembali informasi yang diminta
tersebut melalui HTTP untuk ditampilkan ke layar monitor”.[17]
2.13.3. Apache
“Apache adalah nama web server yang
bertanggung jawab pada request response HTTP dan logging informasi secara
detail. Selain itu apache juga diartikan sebagai suatu web server yang kompak,
modular, dan mengikuti standar protokol HTTP”.[18]
2.13.4. Web Browser
“Web
browser adalah software yang diinstal di mesin client berfungsi untuk
menerjemahkan tag HTML menjadi halaman web”.[19]
[1]Soeherman,Bonnie dan
Marion Pinontoan, Designing Information
System.
Jakarta:Elex Media Komputindo, 2009. Hal:
4
McLeod,Raymond
dan Schell P. George,Sistem Informasi Manajemen Edisi 10.Jakarta:Penerbit
Salemba Empat, 2009. Hal:23
[2]McLeod,Raymond dan
Schell P. George,Sistem Informasi
Manajemen:
Edisi 10.
Jakarta:Penerbit Salemba Empat, 2009. Hal:23
[3]Jovan, FN. Panduan Praktis Membuat Web dengan PHP untuk
Pemula. Jakarta : Media Kita. 2011
[4] Situmorang, Syafrizal
H. Analisis Data Untuk Riset Manajemen
dan Bisnis, Medan: USU Press, 2010. Hal: 1
[6]Junindar. Panduan
Lengkap Menjadi Programmer.Jakartay:
Media Kita, 2009. Hal: 19
[7]Kani,
Firmansyah dan Supandi, Unggul Utan, Pemrograman Data Base Menggunakan Delphi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010. Hal:76
[8]Fatta,
Hanif Al,Analisis Perancangan Sistem Informasi
untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern,
Yogyakarta: Andi, 2009. Hal : 122.
[9]Triandini, Evi dan I
Gede Suardika. Step by Step Design Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi.
2012. Hal:17.
[10]Triandini, Evi dan I
Gede Suardika. Step by Step Design Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi.
2012. Hal:37.
[11]Triandini, Evi dan I
Gede Suardika. Step by Step Design Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi.
2012. Hal:49.
[12]Triandini, Evi dan I
Gede Suardika. Step by Step Design Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta: Andi.
2012. Hal:71.
[13] Al Bahra, bin
Ladjamudin. Analisis dan Desain Sistem
Informasi. Bandung: Graha Ilmu. Hal:62
[14]Kuswayatno,Lia. Mahir
dan Terampil Berkomputer. Jakarta : Grafindo. 2009. Hal:47
[15]Anhar. Panduan
Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta : Media Kita. 2010. Hal:3
[16]Kurniawan, Dedik. 145
Freeware Pilihan untuk Berbagai Kebutuhan. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
2010.hal:108.
[17]Anhar. Panduan
Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta : Media Kita. 2010. Hal:4
[18]Anhar. Panduan
Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta : Media Kita. 2010. Hal:5
[19]Anhar. Panduan
Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta : Media Kita. 2010. Hal:6
Find the best ford fusion titanium for sale | iTanium | Stone
ReplyDeleteLooking for Stone Age Fusion Titanium For Sale? ✓ Get the lowest prices damascus titanium on Stone Age Fusion Titanium for a chance fallout 76 black titanium to where can i buy titanium trim save more on your titanium phone case next purchase! oakley titanium sunglasses